>

Cari Blog Ini

Kamis, 05 Mei 2011

Aku Kembali

“Seperti air yang mengalir mey.. tenang,, dan sabar..”
Huhhh… kata-kata itu lagi!!! Kadang aku muak mendengar kalimat itu selalu ia ucapkan.. ingin rasanya ku sahut “gua kan nggak bisa renang,, nah kalo tenggelem gi mana??”
Hi hi.. tp selalu aku urungkan, nggak mungkinlah buat ngomongnya.. bisa-bisa semua pada ketawa ngakak..
tapi orang itu seperti masa bodoh saja sama sikapku tiap denger nasehat-nasehat dari dia. Seolah-olah dia beranggapan bahwa aku seneng-seneng aja denger nasehatnya.
ups.. astari, temen baikku, datang. Aku harus segera mengclose catatan ini dari monitorku. Jika tidak, bisa kacau urusannya. Diakan paling nggak terima kalau kakaknya ntu dijelek-jelekin.
“mey, bentar lagi puasa lohh” selorohnya.
gila! Nggak salah apa orang ini ngomong sama gue? Astarikan udahh lama banget temenan ma gue. Apa jangan-jangan jilbab yang belum lama dia pake ntu menguras ingatannya.
“kok diem sih mey?” brondongnya..
“eh.. puasa ya?” jadi gugup nehh “e.. itukan buat lu!!!” ktku cepat
“maksud kamu? Itukan kewajiban setiap muslim mey.. bukan cuman aku, tapi kamu.. kita mey..”
hah?? Gua malah nggak konsen ma nasehat lu as, tapi gaya bicara lu juga berubah neh.. aku, kamu, kita, dan muslim?? Sejak kapan kamu sadar kalau kamu muslim as??
Tiba-tiba hp astari berbunyi, ia Nampak serius berbicara dengan sipenelpon. Dan..
“maaf mey, ukhty zulfa dibawa kerumah sakit. Aku harus kesana. Ikut yuk?”
Bingung…. “ng.. nggak dehh..”
“oh, ya uda. Assalamua’alaikum”
berlalu,…

Gila!! Ntutadi temen gua bukan sehhh.. dia tuh lagi kumat apa udah nggak waras?? Belum juga keheranan gua reda, ditambah lagi ame ukhty dan salam..
gubrakkkk!!!!!!!!!!!
Huhh.. tapi paling tidak bisa nyantai sejenak melanjutkan catatan yang terputus..
he he..
mengupas habis kakaknya astari..

Ttttuuulliiittt…tttuuullliiittt…
hadohhh.. siapa seh tengah malem gini nelpon?? Pa nggak tau kalo gua nehh masih tidur..
alamakk!!! Astari??? Ada apa ma tu anak??
“hallo, ada apa as?” tyku cemas
“Assalamu’alaikum”
Hadooohhh.. santai banget neh anak ngomongnya.. “Wa.. wa’alaikumsalam”
“selamat pagi mey..”
Apa??? Pagiii… kulirik jam alarm ku.. baru juga jam setengah empat..
“tahajjud yuk mey?? Semoga kita lulus dengan nilai bagus”
“oh.. sholat ya as?”
“iya, yah.. memang sih sepertinya nilai kamu nggak meragukan lagi mey, sudah bisa ditebak hasilnya pasti memuaskan.. tapi, dimata Allah SWT. Nggak ada sesuatu yang nggak mungkin terjadi. Kita berusaha tapi juga jgn lupa berpasrah atas segala yang kita lakukan..”
Duhh.. ada apa sih sama temanku ini.. kenapa sih dia berubah 180 derajat.. ini astari bukan sih? Kok jadi ikut-ikut kerasukan jin yang nysup dikakaknya..
“kok diam mey, udah dikamar mandi ya?”
aku tersentak “oh.. ii.. iya!!”
“ya udah, Assalamu’alaikum”
Tuuuttt.. tuuuuttt…
Hahh??? Gue masih dikamar as.. ada apa sih ame lu as.. sekarang semua serba salam, serba nasihat, serba ikhtiar, hadooohh… kacau!!!

“kenapa mey, kok tumben ngelamun?”
hehh.. ini nihh.. suara nyang uda buat temen gue berubah..
Kan.. nggak salah lagi,, kak mizan..
Huuuuhhh.. males banget bicara ame orang primitif ni..
“sabar ya? Astari masih sholat..”
hahhh? Sholat??!!! Kulirik arlojiku, “jam delapan”kataku lirih
“sholat dhuha mey” sahut kak mizan..
“udah tau..!!!”ktku sekenanya..

Astari ni ngundang gue ke rumahnya buat main apa dengerin ceramah yah?? Hadoohh mana tenggorokan gue uda kering kerontang nggak dikasih air.
“as, haus..”bisikku
“lho?? Kirain puasa mey..”
“inikan bukan bulan puasa as”
“sunnah mey, inikan hari kamis.”
Gubbrraakkk!!!!!
Beneran, kenapa sih temen gue satu ini..?? berubah banget…

“kenapa sih mey pake narik-narik tangan segala??” gerutu astari
“gila!! Tu pengemis pasti maksa nti as kalo kita nggak buru-buru” jelasku
“memang kenapa?”
“yehh.. gua nggak suka ame cara mereka as, menghiba-hiba. Malu-maluin”
“ohh.. aku malah mau kasih kemereka” katanya sambil balik langkah kembali
“jangan as!!!”cegahku reflek
Iapun menghentikan langkahnya “kenapa?”
“nti mereka malah ngelunjak!!!”
“nasip kita lebih baik dari mereka. Seandainya kamu jadi mereka. Tentu kamu akan melakukan hal yang sama”
Berlalu..
astari!!!! Ada apa denganmu???


Akhirnya,, hari yang ditunggu-tunggupun datang…
Hari ini pengumuman kelulusan!!!

“Alhamdulillah…. aku lulus mey!!!”
Teriak astari, dia seneng banget. Yah.. menurutku biasa-biasa aja. Bukannya sombong. Tapi aku sudah yakin kalau aku lulu. Dari kelas satu sampai kelas tiga aku selalu juara satu..
tapi memang bagi astari itu suatu kebahagiaan, begitupun teman lainnya..
“kerumahku yuk mey!!!” ajak astari.
Kerumahnya?? Rumahnya justru seperti neraka bagiku sekarang..
“ngapain?”tanyaku.
“kebetulan tempatku mau ngadain syukuran kecil-kecilan.”
“syukuran apaan?”
“yahh.. buat kelulusanku mey!”
Hahhh?? Segitunya..
Dan tiba-tiba aku merasakan kesakitan yang sangat dirongga hatiku.
“ayolah mey, nggak enak sama ibuku. Aku tadi uda terlanjur janji mau ngajak kamu” rengeknya
Aku sedikit tersentak, mungkin dia tau aku tengah melamun.
Haahhh.. terpaksa.. demi sahabat…

“mey, makasih ya?”
Ni ada apa lagi kakaknya astari dateng-dateng bilang makasih..
Cari masalah emang orang ini..
“buat apa??”
“yaahh, kakak memang belum lama kenal kamu sebagai sahabat astari, tapi kamu sudah buat astari jadi berubah, ia kembali kejalan aqidah..”
Apa??!! Gua buat astari berubah!!! Gua sendiri kaget plus tersiksa ame perubahan dia, kok malah gua disangka ngerubah dia..
Ckckckckck
“maksudnya? Mey nggak ngerasa ngerubah astari..”
“memang bukan kamu, tapi jilbab kamu”
Dduuuaarrr!!!!! Jilbabku?? Aku sendiri merasa tidak ada yang special dengan jilbabku.. aku memakainya karna....
yaahh.. sebenarnya aku berasal dari keluarga yang baik-baik..
Enamtahun lalu sholatku full, aku selalu puasa.. tapi itu waktu aku kanak-kanak. Waktu aku masih dengan ummi dan abi.
Hhaahh.. ada apa dengan jilbab yang sudah aku kenakan tujuh tahun yang lalu ini???

Aku masih terdiam disudut kamarku..
Tiba-tiba aku rindu ummi dan abi. Seandainya kecelakaan itu tidak terjadi, aku mungkin tak akan tinggal disini bersama nenek, tak kenal astari maupun kak mizan..
Aku terlahir sebagai anak satu-satunya dari keluarga yang berbahagia.. setiap hari rumahku dipenuhi oleh bacaan-bacaan ayat suci yang terlantun baik dari ummi, abi, maupun aku sendiri..
Ummi dan abi orang yang sangat taat pada agamanya. Ia mendidikku dengan agama. Bahkan aku sudah dianjurkan berjilbab oleh ummi sejak kelas lima SD..
Aku bahagia!! Penuh kasih sayang!! Dan selalu dipuji-puji oleh setiap orang karna otakku yang cerdas..
Tapi kejadian ituu… aku yang setegar inipun akan menangis jika mengenang kisah pilu ini..
Waktu itu libur panjang. Kami berlibur ketempat nenek. Yaahh.. ibu ingin menggelar syukuran didesa nenek sebagai nadzarnya atas kelulusanku..
Saat itu aku baru menamatkan jenjang SD dan akan berencana melanjutkan SMP tetap dikota yang aku tempati bersama ummi dan abi.
Tapi sebuah kecelakaan hebat telah membuat mereka berdua tak sempat bertemu nenek dan menjalankan nadzarnya. Aku selamat..
Hahhh.. aku sendiri heran kenapa aku bisa selamat.. sekaligus mengeluh kenapa aku harus selamat. Menjalankan hari-hari sendiri.. gagal semua rencana indah kami..
Aku sempat menyesal dan terpuruk.. dan untuk menebus nadzar ibu, aku sendiri berjanji akan selalu menjaga hijabku. Hingga kesepianku berakhir tatkala seorang teman baru diSMPku, dia tahu bahwa selain murid baru, aku juga orang baru didaerahnya. Dan dia yang bandelpun memanfaatkan posisiku untuk menjadi korban palaknya..
aku sempat takut padanya, aku berikan lembar sepuluh ribuan padanya. Aku menangis dalam perjalanan pulang, kuadukan semua pada nenek. Entah kenapa esoknya ia sangat baik padaku. Ia mengaku iba atas nasibku, dan ia berjanji akan menjadi temanku sampai kapanpun..
Akupun merasa hari-hariku selalu bahagia semenjak mengenal astari, dia sahabat yang menyenangkan dan asyik.. tapi sifatnya yang badung malah menular kepadaku..

“memang bukan kamu, tapi jilbab kamu”
“…..”
“jilbabmu telah menjadikan sarana buat kakak untuk menasehatinya, apakah dia tidak bisa bercermin dari dirimu, berjilbab, dan yang sudah pasti mempunyai aqidah yang teguh”
Kak mizan adalah kakak astari, iya memang belum lama dirumahnya,,, sejak SMA dia tinggal dipesantren, dan baru saja mendapat gelar sarjana. Setelah delapan tahun merantau, ia pulang kekampung halaman. Dan kami baru kenal satu bulan yang lalu. Ia memang tidak mengenal karakterku dengan baik. Yang ia tau aku adalah orang yang harus tinggal bersama neneknya, seorang yatim piatu…
Astari berubah semenjak kedatangannya, dan iya mengenalkan aku padanya sebagai wanita sholihah..
Ia selalu menasehatiku “Seperti air yang mengalir mey.. tenang,, dan sabar..”
Lantaran karna menurutnya aku selalu membimbing astari untuk bertobat. Padahal???!!!
Dan kini.. Darinya Aku pula sadar, ummi dan abi sangat butuh aku disana. Karna amal yang tak terputus tatkala seseorang meninggal salah satunya adalah do’a anak yang sholeh..
dan aku berjanji mulai saat ini aku akan menjadi anak yang sholehah melalui bimbingan suami yang shaleh…

Ya.. suami yang shaleh! Tak ada ragu bagiku tatkala aku dikhitbah,,,
Aku memang baru lulus SMA, tapi, aku tak ingin kembali jatuh dalam jurang dosa..
Dengan pernikahan ini, aku akan selalu berdekatan dengan-Nya melalui suamiku yang taat..
ah… aku masih terdiam disudut kamarku, menangis dalam do’a bersama seorang imam didepanku..
Kami sedang khusyuk dalam do’a masing-masing. Entah apa yang tengah aku rasakan..
Kebahagiaan ini akhirnya datang kembali. Kebahagiaan yang hampir sama rasanya tatkala aku masih bersama ummi dan abi.. kebahagiaan dalam naungan cinta-Nya..
Kini kudapatkan kembali dari suamiku,
dan sahabat karibku yang telah membuat aku bertanya-tanya satu bulan ini, mulai tadi pagi resmi kupanggil “Adik…”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar